15 Alasan Pentingnya Memasang Iklan Pilkada di Media Cetak

15 Alasan Pentingnya Memasang Iklan Pilkada di Media Cetak

 

 

Iklan media cetak adalah bentuk iklan yang menggunakan media cetak fisik, seperti majalah dan surat kabar, untuk menjangkau konsumen, pelanggan bisnis, dan prospek yang lebih baik, termasuk juga dalam iklan pilkada. Bahkan terbukti iklan di media cetak masih sangat berfungsi dalam menggiring opini dan wacana ke lapisan luas masyarakat.

 

Surat kabar atau koran menjadi pilihan terbaik untuk Promosi Pilkada. Pengiklan dapat memilih dari berbagai jenis surat kabar yang berbeda untuk Iklan Pilkada Koran. Termasuk judul lokal, regional atau Nasional yang diterbitkan dalam edisi harian, sore, atau edisi mingguan. Surat kabar menargetkan pembaca yang berbeda dengan campuran konten, sering termasuk olahraga, hiburan, bisnis, fashion dan politik di samping berita lokal, nasional atau dunia. 

 

Target pembaca dari sebuah media cetak harusnya menjadikan cara promo iklan pilkada berbeda. Mengiklankan pilkada di surat kabar lokal dengan pembaca berusia 40 tahun ke atas dengan pembaca berusia 20 tahun tentu membutuhkan bahasa iklan yang berbeda. 

 

Harga iklan pilkada media cetak juga sangat bervariasi, tergantung dengan seberapa lebar halaman iklan dan di koran atau majalah mana iklan itu akan ditayangkan. Tentunya Iklan Pemilihan Umum di media cetak mempertahankan banyak keuntungan yang menjadikannya sebagai sumber komunikasi pemasaran selama beberapa dekade. Untuk seorang calon kepala daerah yang mencari kredibilitas, pengulangan, dan hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat target mereka, manfaat iklan cetak mungkin lebih besar daripada media digital yang paling sering digunakan.

 

Berikut ini beberapa manfaat iklan cetak untuk dipertimbangkan saat Anda merencanakan strategi promosi Anda.

 

1. Pemasaran yang Ditargetkan

Majalah, surat kabar yang ditargetkan, dan buletin asosiasi semuanya memiliki konten yang dibaca oleh audiens orang-orang yang tertarik dengan topik itu. Iklan pilkada Anda dalam media tersebut dapat menjangkau orang-orang yang ingin belajar lebih banyak tentang subjek Anda. Dan mereka lebih cenderung akan memilih Anda.

 

2. Efektivitas Biaya

Iklan cetak yang ditargetkan dapat membuat anggaran promosi Anda lebih efisien dan efektif ketika Anda mencocokkan pesan Anda dengan kepentingan pelanggan media cetak. Pasang iklan Pilkada koran juga sangat menjangkau masyarakat kelas bawah dan menengah dengan lebih mudah.

 

3. Menarik Massa Lebih Baik

Orang-orang yang menjelajahi internet sebenarnya menghabiskan waktu kurang dari 15 detik untuk memindai situs web. Tetapi orang yang berlangganan majalah atau surat kabar membuat keputusan sadar untuk membacanya. Dan mereka lebih fokus pada pesan Anda karena ketika pembaca memindai halaman mereka tidak melakukan sesuatu yang lain.

 

4. Iklan Jauh Lebih Diingat

Semakin banyak orang yang membaca dengan baik dan seksama iklan Anda, maka semakin banyak pula orang yang mengingat iklan Anda. Apalagi jika iklan pilkada yang Anda pasang membawa pesan yang menarik perhatian.

 

5. Pembaca yang Loyal

Ketika orang berlangganan majalah, surat kabar, atau buletin, mereka memiliki hubungan yang sudah lama dan setia. Pembaca yang setia ini melihat pesan Anda dengan kerangka pikiran yang lebih positif. Ini juga membantu memperkuat pesan Anda, terutama dengan pengulangan. Bayangkan jika setiap hari atau setiap minggu para pembaca ini terus melihat iklan yang sama, maka tidak akan menutup kemungkinan Anda akan meraup suara sangat besar di pilkada kali ini.

 

6. Iklan Berjalan

Ketika orang selesai membaca majalah, mereka mungkin memberikannya kepada orang lain untuk dibaca. Atau mereka mungkin menyumbangkannya ke kedai kopi lokal, salon kecantikan atau tempat lain di mana orang membaca sambil menunggu layanan. Secara tidak langsung iklan Anda berjalan dengan sendirinya, hal ini jelas sebuah keuntungan besar tanpa harus keluar biaya berkali lipat.

 

7. Umur Panjang

Tidak seperti iklan Internet, iklan cetak Anda akan berusia lebih lama, bahkan iklan cetak akan tetap ada meski iklan online menghilang. Majalah dan publikasi cetak lainnya dapat dipajang di ruang tunggu kantor dokter dan tempat lain selama berbulan-bulan. Media digital lainnya, seperti kampanye email, mungkin tersesat di kotak masuk prospek Anda dan dihapus bahkan sebelum mereka membacanya.

 

8. Kredibilitas

Anda dapat membeli iklan regional atau lokal di media cetak nasional. Ketika prospek Anda melihat iklan Anda ditampilkan dalam publikasi nasional, mereka melihatnya dengan lebih hormat daripada hanya ditampilkan secara online.

 

9. Kepercayaan

Ketika orang memiliki salinan sesuatu di media cetak tidak ada yang menyangkal apa yang dikatakan. Mereka memiliki waktu untuk membaca dan memahami "cetak kecil" dan semua informasi ada di sana untuk dicatat.

 

10. Fleksibilitas Posisi

Sebagian besar media cetak menawarkan pilihan tempat untuk menempatkan iklan Anda dalam sebuah publikasi. Anda dapat memilih lokasi yang menawarkan visibilitas tertinggi, seperti halaman dalam di koran. Media cetak juga menawarkan ukuran pecahan (1/2, 1/3, ¼ atau 1/8 halaman), edisi regional dan opsi penempatan khusus lainnya.

 

11. Media Cetak Membawa Pengaruh Luas

Sebelum beberapa orang berkomitmen untuk memilih dalam pilkada, mereka mungkin menginginkan persetujuan, atau setidaknya pendapat, dari orang lain. Iklan cetak Anda bisa mengkomunikasikan semua manfaat untuk memperkuat keputusan para pembaca untuk menentukan pilihan di pilkada kelak.

 

12. Memicu Pencarian Online

Banyak pembeli memulai pencarian online mereka tentang calon-calon yang maju ke pilkada setelah melihat iklan di media cetak.

 

13. Tingkat Retensi Tinggi

Ketika orang membaca secara offline, mereka cenderung memiliki rentang perhatian yang lebih panjang. Iklan cetak dapat dilihat dalam sekali pandang dan tidak perlu digulir. Pembaca cenderung mengingat lebih banyak dari apa yang mereka baca dan lihat di media cetak.

 

14. Visibilitas

Karena iklan cetak sedikit menurun, ada lebih sedikit iklan yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pembaca. Ini berarti iklan Anda akan memiliki lebih banyak pengaruh karena mungkin tidak harus bersaing dengan banyak iklan lainnya.

 

15. Keamanan

Berkembangnya virus dan spam online membuat banyak orang waspada untuk mengklik iklan banner, tidak peduli betapa menariknya kedengarannya. Iklan media cetak jelas sekali lebih aman dalam hal ini

 

Jika Anda telah mengetahui kekuatan media cetak dalam pilkada dan berkeinginan untuk memasang iklan, namun kurang mengetahui cara pasang iklan pilkada di media cetak, cukup hubungi 021 – 8490 1480 / 0812 8352 2219, dan kami akan membantu semua urusan Anda dengan cepat dan terbaik.