Kaltim Post - Bapaknya Media - Media Kaltim

Kaltim Post

 

 

 

Koran Kaltim Post Merupakan bagian dari Jawa Pos Group Tapi Bapak Dari Media di Kalimantan Timur.

 

 

Sobat Media, Ekspedisi Jelajah Media Nusantara kali ini kita telusuri Kalimantan Timur atau Kaltim sebutan pendeknya.

 

Ada yang suka terbalik kah dengan Ibu Kota Kaltim ? Samarinda atau Balikpapan ? Hehe.. dulu banget Mina pernah terbalik. Maluuu… ya inilah akibat kurang baca.

 

Pemuda Indonesia jaman now harus tahu tentang sejarahnya. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu tentang sejarahnya. Nah gimana mau jadi bangsa besar kalau membaca saja aku sulit… ehhh tidak mau. Duhh..

 

Ayo saatnya kita focus.. sekarang Mina hadirkan  3 Fakta Mengagumkan tentang Kalimantan Timur

 

 

Hari Tanpa Bayangan bisa dinikmati juga di Kaltim

 

Selain di Kalimantan Barat, ternyata di Kalimantan Timur berdiri Tugu Khatulistiwa Santan Ulu atau dikenal juga dengan sebutan Tugu Equator Santan Ulu. Tugu ini adalah penanda garis imajiner khatulistiwa yang berlokasi di atas bukit yang tidak jauh dari pinggir jalan raya Bontang - Samarinda KM25 Santan Ulu Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim.

 

Dan tahukah kamu sobat Indonesia, selain di Pontianak, di desa Santan Ulu ini kita juga bisa menikmati hari Tanpa Bayangan. Hari tanpa bayangan ini secara ilmiah dikenal sebagai titik kulminasi matahari atau equinox yang artinya matahari tengah singgah tepat di titik atas wilayah tersebut..

 

 

Daerah Awal Pelopor Peradaban di Indonesia

 

Nah siapakah yang masih hafal pelajaran sejarah Indonesia ? Sobat Media pasti tahu kan dengan Kerajaan Kutai Martadipura ? Kerajaan yang dikenal juga sebagai Kerajaan Mulawarman ini adalah kerajaan Tertua di Indonesia, diperkirakan berdiri di abad 4 (300 M). Lokasinya adalah di Hulu Sungai Mahakam di Muara Kaman. Nama Kutai diberikan oleh para ahli mengambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut. Tidak ada prasasti yang secara jelas menyebutkan nama kerajaan ini dan memang sangat sedikit informasi yang dapat diperoleh.

 

 

Harian Pelopor dan Tebesar di Kaltim – Ya Kaltim Post

 

Kaltim Post – Adalah anak dari Jawa Pos Tapi Bapak Dari Berbagai Media di Kalimantan Timur.

 

Sebelum berubah Kaltim Post, 29 tahun lalu media cetak ini bernama Manuntung dan merupakan bulletin yang diterbitkan di Humas dan Protoko oleh Pemerintahan Kota. Manuntung yang merupakan satu-satunya media massa yang sudah berdiri pada saat itu menjadi satu-satunya perpanjangan tangan pemerintah untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

 

Oplah Kaltim Post saat ini telah mencapai  97.000 Eksemplar tiap harinya dan menjangkau keseluruh daerah (14 kota) yang terbesar itu ada didaerah Samarinda dan Balikpapan.

 

Kaltim Pos pun juga sudah memiliki anak perusahaan yang sudah berkembang, yaitu seperti Samarinda Post, Balikpapan post, Radar Tarakan, Radar Banjarmasin, Radar Sampit, dan Kalteng Post. Kaltim Post juga sedang mendirikan anak perusahaannya lagi guys yaitu Bontang Post & Berau Post.

 

Kembali ke minat baca yang rendah hampir di tiap Kota di Indonesia, termasuk di Kalimantan Timur yang masih belum menyentuh 20% , tidaklah heran berita HOAX beredar luas di masyarakat. Kaltim Post pun tidak berdiam diri, sebagai salah satu koran terbesar, Kaltim Post hadirkan halaman Zetizen untuk mencerdaskan generasi bangsa dan meningkatkan minat baca bagi para pemuda tingkat SMP hingga Mahasiswa.

 

Nah .. jadi ayo cerdaskan diri kita dengan mau membaca minimal 1 artikel koran setiap hari.

 

Mau pasang iklan di koran Kaltim Post ? Mudah Sekali, silahkan Klik saja ini https://pusatpemasanganiklan.com/koran/168-kaltim-post

 

Atau telp saja sekarang ke sobat saya yang informatif ya : Mbak Shanti namanya di 0877 7143 8969

 

Malu telp ? Ya sudah email saja ke Pak Rudi di [email protected]

 

Kami siap membantu Anda beriklan di Kaltim Post !

 

========================================

 

Sumber : 

http://rizkymhollic.blogdetik.com/2010/11/04/mengenal-lebih-dalam-tentang-kaltim-post

https://www.fsldkkaltimkaltara.org/2017/04/24/belajar-media-di-kaltim-post/

https://id.wikipedia.org/wiki/Tugu_Khatulistiwa_Santan_Ulu

https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Kutai

http://sejarahbudayanusantara.weebly.com/kerajaan-kutai.html