Fajar Terbit Di Makasar

Fajar Terbit di Makasar

 

“Siapakah Pahlawan Nasional yang berasal dari Makasar ?” ibu Admin bertanya

 

Serempak kita akan berteriak “Sultan Hasanuddin !”

 

“Pintarrr,” ujar Ibu Admin, “Lanjut ya… Apa Makanan Yang Enak – Enak dari Makasar ?”

 

Dengan antusias kita akan menjawab sambil menelan ludah, “Coto Makasar… Pisang Ijo.. Konro..”

 

“Pintarrr,” ujar ibu Admin lagi, “ Nah kalau Media Cetak & Online Yang Besar di Makasar apa?”

 

“ hmmm… errr… hhhmmm … errr … apa ya bu ? ”

 

==============================================================

 

Sekilas tentang Makasar adalah ibukota dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang secara geografis terletak di area timur Indonesia. Dulu ibukota Sulsel adalah Ujung Pandang. Selain terkenal akan aneka ragam budaya, wisata dan kuliner, sudah sepatutnya kita juga kenalan dengan media yang telah berjasa menyebarkan ragam berita, informasi dan inspirasi ke seluruh kota Makasar bahkan provinsi Sulsel.

 

Adalah Fajar Makasar yang penamaannya mengandung filosofis area timur tempat dimana fajar menyingsing dan perjalanan berdirinya pun sarat dengan makna perjuangan sejarah.

 

Koran Fajar Makasar pasti sangat tidak asing di dengar oleh masyarakatnya karena telah menjadi koran terbesar di Makasar. Tapi bagi masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di tanah Jawa, media ini bisa jadi masih terdengar asing.

 

Menilik perjuangan sejarah bangsa Indonesia ke belakang, ternyata sejarah berdirinya koran Fajar Makasar tidak lepas dari pengaruh gerakan kemahasiswaan di era 1966. Surat kabar KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) edisi Sulsel yang diprakarsai oleh sekjennya sendiri, Alwi Hamu, adalah cikal bakal berdirinya harian Fajar Makasar.

 

Tanggal 1 Oktober 1981 adalah hari bersejarah bagi berdirinya Fajar Makasar. Harian Fajar Makasar akhirnya terbit secara resmi dengan oplah kurang lebih 5.000 eksemplar. Terbitan perdana dari Fajar Makasar ini awalnya hanya sebatas perkenalan saja. Pertama beroperasi di tahun ini, Fajar Makasar hanya mampu mengontrak di kantor yang sangat sederhana, saking sederhananya, WC-nya pun sampai tidak ada loh.

 

Seperti kebanyakan perusahaan media di tanah air yang terkadang mengalami proses pasang surut, begitu juga yang dialami Harian Fajar Makasar pada awal tahun 1987 kondisinya tidak lagi stabil. Dimana harian ini masih dalam masa sulit dan selalu merugi. Apalagi saat itu terdapat surat kabar besar yang menguasai pasar. Langkah strategis diambil Fajar Makasar pada akhir tahun 1988, yakni bergabung dengan Jawa Pos Grup yang dipimpin Dahlan Iskan. Saat itu, kebetulan Dahlan memang ingin membuka surat kabar di Makassar.

 

Seiring berjalan waktu, oplah Fajar Makasar meningkat secara perlahan namun pasti, begitu juga iklannya, mulai mengalir deras. Tanpa bantuan kredit dari bank, dikumpulkanlah uang hasil oplah dan iklan untuk membangun gedung di atas tanah itu. Hasilnya, pada 1991 gedung kantor di Jalan Racing Centre diresmikan. Fajar Makasar tampil berwarna, oplah dan iklannyapun semakin bersinar, kesejahteraan karyawan juga ikut meningkat. Mesin cetak baru juga diadakan untuk menambah kualitas surat kabar.

 

Fajar Makasar juga mengembangkan sayap ke bisnis nonmedia: Universitas, Agrobisnis, Transportasi dan lainnya. Kantor di Jalan Racing Centre menjadi saksi bagaimana Fajar selama kurun waktu 16 tahun (1991-2007) merangkak naik menjadi yang terbesar di luar pulau Jawa dan pemimpin pasar di timur Indonesia.

 

Kemajuan internet yang sangat pesat menyebabkan Fajar sebagai surat kabar ikut terimbas trendnya untuk membuat surat kabar digital, surat kabar melalui website di internet. Diterbitkanlah fajar.co.id pada 2009. Fajar.co.id adalah suatu portal berita Nasional di bawah perusahaan PT. Fajar National Network.

 

Misi sederhana dari Fajar Makasar ini ialah “mempertahankan posisi untuk tetap menjadi yang teratas”, Fajar Makasar harus melakukan kaderisasi yang baik. Terlebih Alwi Hamu dan Syamsu Nur sebagai pemimpin Fajar Makasar  sudah semakin renta dimakan usia. Pengalaman dari media lain yang sudah mati karena buruknya kaderisasi bisa menjadi cermin untuk tidak mengalami hal yang sama

 

Jadi jika Anda ingin memasarkan produk dan bisnis Anda atau membuka lowongan untuk area Sulawesi Selatan, maka beriklanlah di harian Fajar Makasar

 

Harian Fajar Makasar memiliki Halaman IKLAN JITU bagi Anda yang ingin memasang IKLAN BARIS dan Fajar Makasar juga memilki Halaman IKLAN MUNGIL bagi Anda yang ingin memasang IKLAN KOLOM. 

 

Kami melayani pemasangan iklan baris, kolom, display dan digital di harian FAJAR MAKASAR & FAJAR.CO.ID 

 

Kirimkan Materi Iklan Anda ke admin@pusatpemasanganiklan.com atau hub 08777 1438 969 untuk info & pemasangan iklan. Admin kami yang ramah dan informatif siap membantu Anda.