Sejarah & Kiprah Republika Berjaya di Indonesia

 

Sejarah & Kiprah Republika Berjaya di Indonesia

"Media Cetak & Online Kebanggan Muslim Indonesia"

 

Bagi kalangan cendikiawan muslim di Indonesia, Harian Media Republika bukanlah bacaan yang asing karena memang Koran yang telah terbit dari tahun 1993 ini digagas dari kalangan cendikiawan muslim. Bahkan di saat media cetak lain belum memiliki portal online, portal Republika On Line (ROL) sudah terlebih dahulu lahir sehingga menjadi pioneer dari lahirnya Media-media Online di Indonesia.

 

Sunggu inspiratif sekali ya ? Koran Republika ini tidak pernah absen menampilkan rubrik - rubrik dakwah yang sarat dengan nilai - nilai islam serta terus berupaya memberitakan sejarah dan perkembangan islam di nusantara maupun dunia. Bagi kalian yang selalu berminat menambah wawasan, terutama muslim generasi penerus, kita wajib tahu loh Kiprah Koran Republika Sebagai Koran Nasional Bernuansa Islami di Indonesia.

 

Berikut 3 (tiga) Fakta tentang Harian Republika yang patut kita ketahui :

 

1. Republika : Satu - satunya Media Cetak Nasional yang terbit dari kalangan muslim Indonesia

 

Sejarah pasang surut politik di Indonesia turut mempengaruhi lahirnya insan pers termasuk pers Islamis. Masa dekade 1980-an dapat dikatakan memburuknya hubungan antara Pemerintah Indonesia dan Masyarakat Islam. Saat it banyak ceramah-ceramah islami dan penerbitan buku-buku bernuansa islam mendapatkan tekanan dari Negara.

 

Dibutuhkan perjuangan yang cukup panjang bagi insan pers untuk dapat menyalurkan aspirasinya. Kehadiran ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia) yang saat itu diketuai oleh BJ Habibie turut membantu para wartawan - wartawan muslim di tengah - tengah pembatasan ketat penerbitan berita bernuansa islam.

 

Koran ini Terbit di bawah PT Abdi Bangsa yang mayoritas saham dipegang ICMI pada tahun 1993. Namun saying kiprah politik ICMI semakin surut sehingga kepemilikan saham ini diambil oleh Mahaka Medika. Selanjutnya Republika berada dalam PT Republika Mandari, anak perusahaan PT Abdi Bangsa. Visi Republika adalah Modern, Moderat, Muslim, Kebangsaan, dan Kerakyatan. Sedangkan Misi Republika adalah sebagai koran masyarakat baru yang maju, cerdas, dan beradab.

 

 

2. Republika melalui ROL (Republika On Line) adalah Pioneer lahirnya Media - Media Online Indonesia

 

Media berita online pertama muncul di Indonesia pada tahun 1990-an, dan Republika lah yang pertama dalam memberikan berita-beritanya secara online. Setelah kehadirannya, barulah banyak media lain yang menyusul untuk mempublikasikan berita mereka secara online.

 

Portal berita yang diberi nama Republika Online (ROL) ini telah hadir sejak 17 Agustus 1995. Berita-berita yang dimuat di online ini adalah berita yang sama dengan versi dari media cetak tersebut. ROL adalah portal berita yang menyajikan informasi melalui teks, audio dan video berdasarkan teknologi hipermedia dan hiperteks. ROL hadir dalam dua bahasa yakni Inggris dan Indonesia.

 

 

3. Republika Mendapatkan 2 (dua) kali Mendali Emas Untuk Kategori Desain Halaman Muka Terbaik versi World Association of Newspapers and News Publishers (WAN-IFRA)

 

Di tahun 2009, Republika memperoleh Mendali emas untuk kategori desain halaman muka terbaik dari World Association of Newspapers and News Publishers (WAN-IFRA). Penghargaan tersebut diraih Republika untuk halaman muka edisi 28 Januari 2008 yang merupakan liputan khusus wafatnya mantan Presiden Soeharto.

 

Selanjutnya adalah di tahun 2016, Republika kembali meraih Mendali emas untuk kategori desain halaman muka terbaik dari World Association of Newspapers and News Publishers (WAN-IFRA) di Filipina pada 29-31 Maret.Halaman muka yang menang ialah bertema asap edisi 8 Oktober 2015. Pada edisi tersebut, asap menutup seluruh halaman muka Republika yang menandakan empati terhadap para korban bencana asap di Kalimantan dan Sumatra. Republika bersaing dengan halaman muka dari 429 kompetitor untuk Halaman muka edisi 8 Oktober 2015 yang berasal dari 19 negara di kawasan Asia dan Timur Tengah.

 

Saat ini pemasangan Iklan di Republika tidak perlu mendatangi kantornya.

Pemasangan Iklan Republika dapat melaui website dengan sekali klik yang telah disediakan di  pusatpemasanganiklan.com 

atau melalui email di [email protected] atau melalui WhatsApp di 08777-1438 969

 

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Republika_(surat_kabar)

https://profil.merdeka.com/indonesia/r/republika/

http://fahrulgibran.blogspot.co.id/2015/04/sejarah-berdirinya-pers-islam-dan.html

http://www.anneahira.com/koran-republika.htm