apa itu " kolom " dalam ukuran iklan pada koran

Cara mengitung Ukuran Iklan pada koran

 

Ukuran Iklan dalam koran biasanya ditentukan oleh jumlah karaktrer jika iklan tersebut adalah iklan baris, namun bagaimana dengan perhitungan iklan display, jika iklan display maka satuan perhitungan untuk ukuran iklan tersebut menggunakan satuan ukuran kolom.

 

Dalam satuan hitung luasan materi iklan media cetak yang akan kita pasang,kita akan menemukan ukuran iklan dalam bentuk mmk ( mili meter kolom ) memang banyak yang tidak mengerti apa itu kolom / columb / colom dalam koran / surat kabar biasanya dalam satuan (mmk = milimeter kolom), satuan yg berlaku didunia pers indonesia diluar negri beda. tentu saja ini istilah untuk memudahkan. karena satu columb itu berbeda artinya u standart international ( si ), columb berbeda dengan kolom iklan koran, columb adalah banyaknya muatan pada capasitor berdasarkan luas, jarak dan sat dielektrikum capasitor menjadikan satuan farad krn terlalu besar maka ditulis dgn micro farad atau piko farad menurut ketentuan si setiap harga memiliki satuan dasar.

 

saya akan menjelaskan dengan gambar agar bisa dimengerti dengan cepat.langsung saja saya jelaskan, saya ambil contoh gambar koran kompas reguler. kenapa saya ambil contoh kompas ? itu karena kompas mempunyai oplah yang tinggi di daerah ibukota dan sekitarnya.

 

Cara Menghitung Tarif Iklan Baris di Koran

 

Iklan Baris berbeda dengan Iklan Kolom, jadi cara perhitunganya juga berbeda. bagaimana menghitungnya? langsung saja kita coba hitung tarif iklan baris. Oiya apakah anda sudah tau apa itu Iklan Baris di Koran? coba lihat gambar dibawah ini.


 

 

Iklan baris ditujukan dengan No. 1 sedangkan Iklan kolom ditandai dengan No. 2



saya ambil contoh perhitungan iklan baris di koran Poskota , kenapa di poskota? karna Poskota dipenuhi dengan Iklan baris jadi itu menandakan koran tersebut digemari *(untuk iklan baris)

 

contoh materi Poskota lowongan Lain-Lain Draft :

DESIGNER BUTIK,dibthkan sgr:Tkg ------ baris ke 1
Pola/Potong,Tkg Jahit,Brpglmn min. ------ baris ke 25 th dibidangnya.Dtg lgsg : Ruko ------ baris ke 3Tmn.Cengkareng Indah Blok A no.18E ------ baris ke 40818.06.334.113 & 0819.378.45.714 ------ baris ke 5


Poskota (1) 5 baris x (2)Rp. 20.000,- = (3)Rp. 100.000,-
Keterangan :

 

  1. Angka 5 baris ditentukan dari berapa baris iklan itu akan terbit, lihat contoh iklan diatas
  2. Rp. 20.000,- itu di tentukan dari tarif koran tersebut, tarif ini untuk iklan baris di poskota
  3. Rp. 100.000,- adalah total pembayaran untuk contoh materi diatas
  4.  

Demikian Informasi kami, semoga dapat membantu anda dalam menetapkan ukuran dan pilihan koran yang tepat untuk beriklan.

 

Baca Juga Artikel : Iklan Koran

 

Silahkan hubungi CS iklan kami jika membutuhkan informasi iklan.

Segara Advertising

02184901480 | 0877 7143 8969