Iklan Duka Cita - Penghormatan Terakhir Kami

 

Iklan Duka Cita

 

 

 

Penghormatan Terakhir Kepada Seseorang

 

Yang Sangat Disayangi dan Dihormati

 

 

Salah satu iklan yang selalu menduduki peringkat teratas pada media cetak berupa koran adalah iklan duka cita.  Secara umum, iklan ini termasuk dalam jenis iklan keluarga. Artinya adalah iklan yang isi pesannya memberitahukan kepada khalayak mengenai peristiwa yang berhubungan dengan kekeluargaan. Iklan dukacita biasanya berbentuk sebagai iklan kolom pada koran.

 

Kematian dianggap sebagai hal yang penting bagi keturunan konfusius, seperti orang Tionghoa, Jepang dan Korea. Terlebih lagi jika menyangkut orang penting dan berpengaruh, pasang iklan duka cita menjadi hal yang harus dilakukan. Jadi, apabila ada suatu hal yang perlu dibereskan, maka bisa diselesaikan secepatnya. Karena itu penting memberitakan berita kematian kepada khalayak luas.

 

 

Penggunaan jasa pasang iklan duka cita dulunya lebih banyak dilakukan oleh orang Tionghoa. Berita kematian yang tersebar melalui koran tersebut sering dikaitkan dengan sifat kehidupan orang Tionghoa sendiri. Mereka umumnya suka membentuk diaspora di segala tempat. Untuk itu pemberitaan duka cita perlu disebarluaskan melalui media massa. 

 

Terkenalnya orang Tionghoa sebagai pebisnis memungkinkan memiliki banyak saudara yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Orang Tionghoa tahu benar bagaimana cara memanfaatkan media sebagai periklanan. Bahkan sejak jaman Hindia-Belanda, orang Tionghoa sudah mengenal dengan apa yang disebut koran dan majalah.

 

Meski ucapan bela sungkawa sering terlihat dari karangan bunga yang dikirimkan, hal tersebut membuat boros, baik itu dari segi anggaran maupun tempat. Coba bayangkan saja berapa tempat kosong yang akan disediakan oleh pihak keluarga apabila menerima karangan bunga. Terlebih lagi jika yang meninggal adalah orang terkenal dan sangat berpengaruh di masyarakat.

 

Di media cetak berupa koran, iklan dukacita berbentuk sebagai iklan kolom atau iklan display. Dalam iklan tersebut berisi gambar ilustrasi berupa foto dilengkapi dengan kata-kata singkat. Ukurannya lebih besar daripada iklan baris lowongan kerja bahkan ada yang sengaja memesan dengan ukuran setengah halaman koran.

 

Pasang iklan dukacita bagi orang penting bisa juga dipesan dalam bentuk obituari. Obituari merupakan berita tentang orang yang baru saja meninggal dunia. Biasanya obituari dibuat untuk orang-orang besar. Dengan kata lain orang tersebut memiliki peran penting dalam hidup bermasyarakat atau menjadi inspirasi banyak orang.

 

Bentuk obituari dapat berupa pengumuman perihal kematian seseorang. Umumnya disertai dengan biografi singkat orang tersebut. Biografi berisi tentang sepak terjang orang tersebut semasa hidup, dilengkapi dengan prestasi dan jasa-jasa yang telah diberikan terhadap keluarga, sahabat bahkan negara.

 

Hal yang ditulis dalam obituari berisi review dari seseorang yang meninggal. Teknik penulisan sastra yang digunakan menceritakan kebenaran dan tidak dibuat-buat. Setiap kalimat berisi pendapat penulis sesuai dengan fakta yang ada. Sifat terakhir yang dapat menonjolkan obituari adalah bahasa menyentuh perasaan.

 

Karena menyangkut tentang harga diri dan kronologi hidup seseorang, maka obituari ditulis dengan hal-hal yang baik. Ini merupakan bentuk penghormatan kepada orang yang meninggal sehingga akan dikenang oleh banyak orang. Obituari bisa ditulis saat seseorang baru saja meninggal atau mulai disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

 

Bagi pembaca, obituari dapat menimbulkan rasa kagum pada orang yang telah meninggal. Ini dapat dirasakan dengan melihat bagaimana orang tersebut menjalani hidup. Berdasarkan tulisan dalam obituari, pembaca mendapatkan motivasi dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi kehidupan.

 

Sudah jelas pula obituari akan membimbing pembaca untuk berpikir mengenai masa depan lebih cerah. Hal tersebut akan membantu pembaca menapaki kilas balik kehidupan hal berguna apa saja yang berhasil ia lakukan. Baik pembaca maupun penulis akan menginstropeksi diri lebih dalam dan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan.

 

Tarif pasang iklan duka cita di media cetak berbeda-beda tergantung dari kolom yang dipesan. Semakin besar kolom yang digunakan, maka tarif yang dikenakan semakin tinggi. Karena itu bila ingin mendapatkan harga yang murah pertimbangkan terlebih dahulu isi dari iklan tersebut. Gunakanlah kata-kata yang singkat, tapi jelas maknanya. Dengan demikian informasi yang disampaikan akan tepat sasaran meskipun dalam kolom kecil sekalipun.

 

Hitungan ukuran pasang iklan duka cita pada koran berdasarkan millimeter kolom, biasa disingkat dengan mmk. Hitungan tersebut diperoleh dari ukuran lebar kolom dari kiri ke kanan. Masing-masing media cetak memiliki ukuran berbeda-beda tergantung dari luas bidang cetak koran itu sendiri.

 

Agaknya ukuran tersebut juga harus diperhatikan oleh pemesan iklan dukacita. Pemesan yang baru pertama kali pasti dibuat bingung oleh tarif yang ditentukan oleh ukuran kolom pada iklan yang dipasang. Tapi tidak perlu khawatir karena pemesan akan dijelaskan oleh pihak periklanan koran mengenai hal tersebut sampai mengerti. Mereka juga akan membantu memasang iklan sesuai dengan kolom yang diinginkan.

 

Mengenai gambaran pasang iklan duka cita dapat juga dikonsultasikan oleh biro iklan atau advertising agencyKeberadaan biro jasa periklanan yang mulai menjamur ini sangat membantu untuk menyalurkan konsep iklan yang diinginkan kepada pihak media cetak atau koran. Tidak perlu susah untuk berkonsultasi langsung dengan pihak koran.

 

 Bila ingin memesan iklan duka cita, saat ini telah tersedia jasa pemasangan iklan yang bermutu. Melalui https://pusatpemasanganiklan.com atau segara hubungi  di nomor (021) 8490 1480 / 08777 1438 969 / 0812 8352 2219 

 

Kami telah bekerjasama dengan puluhan klien untuk pemasangan iklan pada banyak media cetak besar, seperti iklan duka cita Kompas, iklan duka cita Jakarta post, iklan duka cita Media Indonesia dan iklan duka cita Bisnis Indonesia.