Pikran Rakyat - Kisah Korannya Orang Jawa Barat

 

PIKIRAN RAKYAT - KISAH INSPIRATIF KORANNYA ORANG JAWA BARAT

 

Untuk kalian yang tinggal di Jawa Barat khususnya di Bandung. Pasti kalian sudah tidak asing lagi mendengar nama koran yang satu ini. Hayoo kira-kira ada yang tahu apa nama korannya ? Clue nya adalah koran yang sangat berkibar di daerah Jawa Barat, terutama Bandung.  Sudah tahu jawabannya ? Untuk kalian yang menjawab koran Pikiran Rakyat, selamat kalian benar J

 

Hampir semua Urang Bandung kenal dengan Pikiran Rakyat. Koran legendaris yang hingga saat ini masih menjadi raja media di kota Bandung awalnya lahir tahun 1950. Kisah berawal dari didirikannya Warta Harian Pikiran Rakyat oleh Bandung NV dan memiliki misi sebagai surat kabar daerah khusus Jawa Barat.

 

Moto "Dari Rakyat, Oleh Rakyat, Untuk Rakyat" yang diusung oleh harian ini menjadikan Warta Harian Pikiran Rakyat terus berpacu sehingga koran ini pun berprestasi sebagai pelayan masyarakat yang berusaha mengorientasikan seluruh hasil kerjanya bagi kepentingan masyarakat.  Adapun motto lain yang mendasari koran ini adalah "Independen". Motto ini berarti harian umum Warta Harian Pikiran Rakyat sebagai penyaji berita yang berusaha mempertahankan ketidakberpihakan kepada pihak tertentu dalam arti tidak membuka peluang untuk dipengaruhi pihak lain.

 

Di sekitar tahun 1966, guna memenuhi ketentuan Departemen Penerangan, harian tersebut menyatakan berafiliasi dengan harian umum Angkatan Bersenjata yang berpusat dan terbit di Jakarta. Namun, belum genap setahun koran ini terbit, Menteri Penerangan mencabut kembali peraturannya tentang keharusan berafiliasi. Seiring dengan keputusan ini pulalah harian Angkatan Bersenjata edisi Jawa Barat secara resmi berganti nama menjadi harian umum Pikiran Rakyat, yang sampai saat ini dikenal dengan singkatan PR.

 

Agar tidak rejadi kekeliruan oleh masyarakat antara Harian Umum Pikiran Rakyat dengan Warta Harian Pikiran Rakyat yang berkibar dibawah bendera Bandung NV, sejak tanggal 4 Maret 1966 Pikiran Rakyat mengganti nomor dan tahun penerbitannya dengan Surat Izin Terbit (SIT) yang baru, yaitu SIT No. 053/Per/SK/PPG/SIT/1967 tertanggal 24 Mei 1967, dan dilengkapi dengan Surat Izin Pembelian Kertas (SIPK) No. 720/AC/P-3 tanggal 22 Juli 1969.

 

Di April 1973, bentuk badan hokum Koran PR menjadi perseroan terbatas yakni PT. Pikiran Rakyat Bandung dan setahun kemudian peristiwa yang tak kalah penting pun terjadi, karena untuk pertama kalinya perusaan ini berhasil melengkapi diri dengan percetakan offset yang dibeli dari fasilitas PMDN dan bantuan BRI. Mesin cetak ini mampu mencetak koran sebanyak 25.000 eksemplar per jam. Sejak tahun itu pula , Pikiran Rakyat terus maju dan berkembang dengan baik secara kualitatif maupun kuantitatif

 

"Korannya Orang Jawa Barat" itulah Pikiran Rakyat dan terbukti Koran ini menjadi Koran yang terbesar di provinsi ini. Selama kurang lebih 11 tahun sejak tahun 1975, Korannya Orang Jawa Barat ini bahkan sempat menjelajah ke pelosok-pelosok Nusantara. Namun di tahun 1986 Pikiran Rakyat kembali menjadi koran regional berbasis provinsi Jawa Barat, walaupun sebagian  oplahnya beredar di luar Jawa Barat seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa provinsi lainnya.

 

Berbicara mengenai Prestasi yang diperoleh, di tahun 1984 Pikiran Rakyat termasuk dalam  "The Five Succesful Asian Community Newspaper" atau Lima Surat Kabar Daerah di Asia yang Sukses oleh AMIC (Asian Mass Communication Research and Information Centre). Selain itu juga Harian Umum Pikiran Rakyat berhasil menempatkan diri dalam urutan keenam dalam kelompok 10 besar surat kabar di Indonesia  berdasarkan sirkulasinya. Sedangkan berdasarkan dengan oplahnya menduduki urutan ketiga.

 

Tidak hanya itu, berbagai penghargaan telah diperoleh Pikiran Rakyat. Dari sebagai media terbesar di Jawa Barat. Hingga yang paling membanggakan adalah dengan di terimanya dua penghargaan bergengsi dari Lembaga Independen MARS Indonesia, berupa Global Costumer Satisfaction Standart Five Stars (standar pelayanan bintang lima) dan Word Class Quality Achievement (penghargaan kelas dunia). Pikiran Rakyat merupakan media cetak pertama di Indonesia yang memperoleh penghargaan standar pelayanan global bintang lima. Penghargaan lain yang juga diterima adalah Indonesia Most Favorite "Youth Brand" dan Indonesia Most Favorite "Women Brand", The Best Newspaper Category IBBA 2011, serta penghargaan dari Serikat Penerbitan Pers termasuk juga dari instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

 

Banyak yah penghargaan yang diraih oleh koran Pikiran Rakyat ini, untuk kalian yang tinggal di Bandung pasti sangat bangga ya mempunyai koran lokal yang tidak hanya terkenal di daerahnya. Namun untuk mendapatkan suatu penghargaan tidak semudah yang kita bayangkan loh. Seperti yang sudah kita baca diatas, koran Pikiran Rakyatpun melewati masa-masa yang sulit terlebih dahulu untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Koran ini tidak hanya menjadi contoh di tempat kelahirannya tapi juga dapat menjadi contoh di daerah-daerah yang lainnya.

 

Saat ini pemasangan Iklan di Pikiran Rakyat tidak perlu mendatangi kantor di Bandung.

Pemasangan Iklan Pikiran Rakyat dapat melaui website dengan sekali klik yang telah disediakan di pusatpemasanganiklan.com atau melalui email di [email protected] atau melalui whatsapp di +6287771438969

 

Penulisan artikel tentang Kisah Inspiratif Korannya Orang Jawa Barat merupakan komitmen pemasanganiklan.com dalam turut menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia. 

Karena kita semua tahu bahwa salah satu ciri bangsa maju adalah bangsa yang suka membaca dan menulis.

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Pikiran_Rakyat

http://jurnalapapun.blogspot.co.id/2014/03/sejarah-harian-umum-pikiran-rakyat.html

http://www.pikiran-rakyat.com/sites/files/public/doc/2015/04/ProfilPerusahaanPr.pdf